Belajar HTML Part 1 : Apa itu HTML?

Tags

Belajar Apa itu HTML untuk Pemula

Berniat untuk membuat website ya? Nah, hal paling dasar yang harus Anda pelajari dalam membuat website adalah HTML. Bagi Anda yang masih sangat awam tentang HTML pasti bertanya - tanya apa itu HTML. Untuk menjawab pertanyaan Anda mari kita belajar tentang penjelasan apa itu HTML.

Apa Itu HTML ?


HTML adalah singkatan dari Hypertext Markup Language. Disebut Hypertext karena mampu merubah text atau tulisan biasa sehingga mempunyai fungsi yang lain. Kemudian ada istilah Markup Language karena menggunakan tanda (mark) yang mengapit text tertentu. Nah tanda atau mark ini disebut tag HTML yang akan kita bahas di tutorial berikutnya. 

Jadi, kesimpulan dari apa itu HTML adalah tanda (mark) yang mampu merubah text biasa sehingga mempunyai fungsi lain dengan mengapit text dengan tag HTML. Dengan begitu suatu text biasa dapat kita ubah fungsinya sesuai dengan yang kita inginkan.

Penerapan HTML


Dalam pembuatan website, HTML tidak berdiri sendiri namun dipadukan dengan bahasa pemrograman lain seperti CSS, JavaScript dan PHP. Ada begitu banyak bahasa pemrograman untuk web tetapi HTML adalah bahasa paling awal yang harus Anda pelajari pertama kali.

Untuk membuat Anda memahami apa yang saya jelaskan ini, silakan Anda membuka website milik orang lain kemudian klik kanan dan pilih View Page Source. Disitu Anda akan melihat halaman baru berisi kumpulan tag - tag HTML yang dipadukan dengan bahasa pemrograman web yang lain.

HTML Mudah Dipelajari


Jangan ciut nyali dulu, HTML adalah bahasa pemrograman web yang mudah untuk dipelajari kok bahkan untuk anak selevel SMP pun bisa. Sehingga banyaknya tag - tag yang ada pada HTML bisa Anda pahami satu per satu. Pada bab belajar HTML mudah untuk pemula ini, saya mengupayakan untuk memberi penjelasan yang mudah dimengerti disertai contoh yang bisa Anda coba di code editor. Selain mempelajari dasar - dasar HTML termasuk yang sudah kita bahas tadi tentang apa itu HTML sebagai dasar pengetahuan, Anda juga harus mengerti tentang apa itu code editor dan fungsinya sehingga proses pengetikan, manipulasi dan pengembangan tag - tag bisa Anda lakukan dengan mudah.

Tools yang akan kita gunakan untuk belajar HTML disebut dengan code editor. Sebetulnya ada banyak code editor yang bisa kita gunakan untuk belajar HTML, tapi untuk pemula kita gunakan saja yang paling simple dulu ya. Baiklah kalau begitu langsung simak tutorial HTML Editor

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik. Komentar yang berisi link aktif dan hal - hal yang mengandung unsur p*rn*gr*f*, h*ck, sara dan j*di tidak akan ditampilkan.
EmoticonEmoticon