Permintaan Hati Dosen Fantastis Stikom Surabaya

Tantangan Khusus Dosen Fantastis Stikom Surabaya

Beberapa hari setelah pekan UTS selesai, ya seperti biasa semua mahasiswa menghadiri perkuliahan sesuai dengan jadwal masing - masing yang tertera di sistem penjadwalan cyber campus Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya. Di minggu - minggu awal ini biasanya banyak yang mengambil jatah bolos karena mayoritas mahasiswa mulai dihinggapi rasa malas, termasuk saya hahaha.

Oke, itu pilihan masing - masing mahasiswa, disini saya nggak membahas itu lebih dalam karena setiap mahasiswa punya alasan masing - masing yang bagi mereka "it's an oppurtunity to get" kesempatan untuk mereka beristirahat, refreshing, mengurus kerjaan atau kesibukan lain dengan pertimbangan "yang penting 75% kehadiran & cukup untuk ikut UAS".

Jangan ditiru yaaa, kuliah bayar mahal tjoy 

Yasudahlah, forget about it.

Sesuatu Yang Tidak Biasa


Di minggu pertama setelah UTS ini saya hadir seperti biasa, kuliah, mengerjakan tugas dan pulang. Tapi di hari Selasa kemarin ada sesuatu yang tidak biasa saya dapat. Well, what was that?

Biarkan saya cerita dulu..

Kelas Desain Basis Data yang di mentori oleh dosen fantastis Stikom Surabaya berlangsung seperti biasa, kondusif, tertib meskipun kadang sedikit agak ricuh karena dagelan oleh sang dosen. Kelas keramat ini berlangsung selama 2,5 jam mulai dari jam setengah 2 sampai jam 4 sore. Hmm lama.

10 SOAL UTS


Bahasan materi kelas saat itu adalah membahas 10 soal UTS tentang oracle, dimana ada beberapa soal bisa beranak jadi a, b, c. Entah darimana anak itu berasal. Sang dosen menawarkan pada kami barang siapa yang bersedia maju untuk mengerjakan soal tersebut, maka akan dapat hadiah berupa nilai UTS +3 untuk soal nomer 1-5, UTS +4 untuk soal nomer 6-7 dan UTS +5 untuk soal nomer 8-10.

Nomer 1 - 5 sudah dilibas oleh mahasiswa lain. Ketika sang dosen menawarkan nomer 6, maka saya tertarik maju untuk mengerjakan. Ya maklum lah saya kan nggak bodoh - bodoh amat hehehe. Nah harapan saya ketika selesai maju itu apa? Langsung dapat nilai UTS +4 kan? Tapi, sang dosen memilih untuk memberi challenge khusus untuk saya.

Nah ini yang tadi saya bilang sesuatu yang tidak biasa saya dapat..

Beliau meminta saya untuk membuat 1 artikel apapun itu topik bahasannya, kemudian publish di blog. Kalau artikel sudah saya buat, barulah point plus bisa saya dapat. Wah, nilai udah pending, harus buat 1 artikel pula. Aduh permintaan hati yang gini banget ya. Greget.

Awalnya saya bingung mau buat artikel tentang apa ya. Karena begini, semua artikel yang saya publish di blog ini harus memilik 1 topik bahasan yaitu seputar blog dan programming saja. Kalau ada topik lain yang saya bahas, maka ini berpengaruh pada nilai SEO blog saya.

Setelah semalaman cari ide, akirnya dapat juga. Apa? Ya tentang soal yang saya kerjakan itu saja yang akan jadi topik bahasan saya hehehe.

Mau tau soalnya?

Syntax Oracle


Ada tabel sebagai beirkut

Tabel obat permintaan dosen fantastis stikom








Saya harus mengerjakan soal seperti ini :

Tampilkan data obat yang memiliki harga diantara 10000 dan 30000 dengan stok kurang dari 10. Urutkan berdasarkan harga obat termahal !

Bagi teman - teman yang belum banyak mengerti tentang syntax dasar oracle, Anda bisa mengunjungi w3schools untuk mempelajarinya.

Untuk menjawab soal yang saya dapat, saya cukup mengetik syntax berikut

SELECT * FROM Obat
WHERE HRG_OBAT BETWEEN 10000 and 30000
AND SATUAN < 10
ORDER BY HRG_OBAT DESC; 

It was work, hasilnya keluar sesuai dengan apa yang diminta oleh soal. Supaya lebih jelas, silakan lihat hasilnya dibawah.

Hasil kueri oracle di windows








Disitu jelas muncul ya, sesuai dengan soal. Stok obat harus dibawah 10 dan harganya antara 10.000 dan 30.000 dengan urutan harga obat termahal. Karena hasil kueri saya sudah sesuai dengan soal yang diminta, kini saatnya saya untuk mengucapkan?

Sempurna !
Hwehehehe 😅

Seru juga ya kuliah di kampus ini, dosen - dosen seprti yang membuat banyak mahasiswa Stikom betah kuliah. Tapi nggak cuma itu aja loh yang membuat mereka betah, masih ada 4 alasan lain berkuliah di Stikom yang menarik untuk ketahui

Ternyata Institut Berkualitas, Unggul dan Terkenal itu bisa jadi seperti ini ya dosennya hehehe. Oke kawan - kawan, cukup sekian cerita saya tentang permintaan hati dosen fantastis Stikom ini. Mudah - mudahan kefantastisannya menular ke berbagai penjuru dunia. Amin

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik. Komentar yang berisi link aktif dan hal - hal yang mengandung unsur p*rn*gr*f*, h*ck, sara dan j*di tidak akan ditampilkan.
EmoticonEmoticon